Wednesday, August 19, 2015

PERAYAAN KEMERDEKAAN CERIA


Tanggal 17 Agustus adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tepat 70 tahun yang lalu, dengan gagah berani Presiden Ir. Soekarno berproklamasi dan menyatakan bahwa Indonesia telah merdeka. Namun, perjuangan para pahlawan belum berhenti sampai disini, kita para penerus bangsa harus melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk menjaga harkat dan martabat bangsa. 

Banyak yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk memperingati hari Kemerdekaan. Selain upacara bendera, juga banyak diadakan berbagai lomba, syukuran, berdoa untuk para pahlawan, dan sebagainya.
KB-TK DIAN CERIA juga turut ikut serta menyemarakkan acara 17 Agustus dengan berbagai lomba. Seluruh peserta didik KB-TK DIAN CERIA wajib mengikuti lomba yang diadakan. Ikut lomba bukan berarti harus menang, tapi juga bertujuan untuk memupuk rasa percaya diri pada anak. 

Jenis lomba yang diadakan KB-TK DIAN CERIA bertujuan untuk meningkatkan edukasi anak, sehingga anak dapat lebih mengerti mengenai pelajaran yang sebelumnya diberikan di dalam kelas. 
1. Lomba memindahkan bola dapat melatih anak untuk belajar berhitung dan juga mengenal warna.
2. Lomba menyanyi, bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak untuk tampil di depan umum.
3. Lomba memasukan pensil dalam botol bertujuan untuk melatih fokus pada anak.
4. Lomba merias mama bertujuan untuk lebih mendekatkan anak kepada mama dan mengasah kemampuan seni dan keindahan anak. 

Lomba Menghitung & mengelompokan warna bola
Lomba Menyanyi
 Lomba memasukkan pensil kedalam botol
Lomba merias wajah mama
 Kegiatan lomba dapat memberikan dampak positif bagi anak, antara lain:
1. Dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa percaya diri, 
2. Berani tampil, 
3. Membantu anak menyadari kelebihan dirinya,
Yang perlu diperhatikan adalah motivasi orangtua ketika mengikutsertakan anak dalam perlombaan. Lomba dapat memberikan dampak negatif jika orangtua terlalu menuntut anaknya untuk menang dalam perlombaan, karena anak dapat merasa terbebani secara mental. Bila ternyata anak tidak meraih juara, orangtua kemudian menyalahkan baik secara langsung maupun tidak langsung. Jika itu terjadi, anak akan merasa rendah diri dan kurang percaya diri.

APA YANG HARUS DILAKUKAN ORANGTUA ?
Pertama-tama, yang perlu dipahami orangtua adalah mengikutsertakan putra-putrinya dalam lomba bertujuan fun (membuat anak senang). Jadi tidak ada tuntutan apapun terhadap anak. Bila anak menang, anggap saja itu sebagai nilai lebih yang didapat dari perlombaan. Namun jika anak kalah tetap usahakan untuk selalu memotivasi anak.

BAGAIMANA JIKA ANAK MERASA TIDAK BISA MENERIMA KEKALAHAN ?
Orangtua hendaknya dapat bertindak dewasa dalam menyikapi kekalahan anak, dan memberikan pengertian bahwa dalam perlombaan merupakan hal yang wajar jika ada pihak yang kalah dan menang. Tetap beri dukungan dan semangat untuk anak agar tidak mudah menyerah atau patah semangat ketika mengalami kekalahan.

Banyak sekali pelajaran yang didapat dari suatu perlombaan. tetap semangat dan sebarkan semangat kemerdekaan !
Salam, DIAN CERIA ^^

 

No comments:

Post a Comment