Wednesday, July 1, 2015

Indahnya Berbagi Menuju Ramadhan Penuh Berkah

"NO ONE HAS EVER BECOME POOR BY GIVING"

"Perumpaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat-gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (Q.S. Al-Baqarah: 261)

Pada tanggal 1 Juli 2015, Yayasan DIAN NURANI SURABAYA dan Rumah Belajar DIAN CERIA Mempersembahkan acara "Indahnya Berbagi Menuju Ramadhan Penuh Berkah". Acara ini merupakan penutup rangkaian acara Pondok Ramadhan DIAN CERIA.  
Kegiatan yang kami laksanakan adalah mengajari anak-anak untuk bersedekah, tauziah dengan Ust. Khoirul Nizar dan ditutup dengan pembagian bingkisan lebaran untuk anak Yatim dan Dhuafa kawasan Medokan Semampir Indah Surabaya.
Rumah Belajar DIAN CERIA mengadakan acara "Indahnya Berbagi Menuju Ramadhan Penuh Berkah" supaya anak-anak belajar bersedekah dan memunculkan rasa peduli terhadap sesama. Selain itu, kami berharap dapat berbagi berkah dan memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan. 

Peserta didik DIAN CERIA:
Bunda sedang memberi contoh bersedekah:
Anak-anak sangat antusias ketika belajar bersedekah:
Subhanallah... Pintar sekali anak-anak :')
Jazakumullah khairan katsiran :)  

Tauziah dengan Ust. Khoirul Nizar

Pembagian Bingkisan Lebaran:
Sahabat sehati, Sedekah mempunyai banyak manfaat, 9 diantaranya sebagai berikut (Dikutip dari Islampos.com):
1. Sedekah dapat menghapus dosa.
“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)
2. Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir.
“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu  
sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)
3. Memberi keberkahan pada harta.
“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)
4. Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah.
“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)
5. Terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah.
“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027).
6. Menjadi bukti keimanan seseorang.
 “Sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim no.223)
An Nawawi menjelaskan: “Yaitu bukti kebenaran imannya. Oleh karena itu shadaqah dinamakan demikian karena merupakan bukti dari Shidqu Imanihi (kebenaran imannya)”
7. Membebaskan dari siksa kubur.
“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)
8. Sedekah dapat mencegah pedagang melakukan maksiat dalam jual-beli.
“Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah.” (HR. Tirmidzi no. 1208, ia berkata: “Hasan shahih”)
9. Orang yang bersedekah merasakan dada yang lapang dan hati yang bahagia.
“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari no. 1443)

Alhamdulillahirobbilalamin... Telah selesai rangkaian acara "Indahnya Berbagi Menuju Ramadhan Penuh Berkah". Terimakasih Bunda-bunda DIAN CERIA, para donatur, sahabat sehati dan semua pihak yang terlibat. Semoga Allah membalas dengan kebaikan :)

"Sesungguhnya sedekah seorang muslim itu memanjangkan umur dan mencegah dari mati dalam keadaan buruk dan Allah menghapuskan sikap sombong dan membanggakan diri si penderma dengan sebab sedekahnya" (H.R Tabrani)

No comments:

Post a Comment